Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Materi : Bentuk Aljabar
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit (4 pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
B. Kompetensi Dasar
1.1. Melakukan operasi aljabar
11.1. Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
11.2. Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
D. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar
- Siswa dapat menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
E. Materi Pembelajaran
Bentuk aljabar
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi kelompok dan Pemberian Tugas
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN 1
10’ : Pendahuluan:
a. Guru mengaitkan materi yang dipelajari dengan pengetahuan awal siswa
b. Guru menyampaikan indikator pencapaian hasil belajar
c. Guru mengingatkan siswa pada materi prasyarat; misal: istilah peubah/ variabel, koefisien, konstanta.
60’ : Kegiatan inti:
a. Siswa mendiskusikan operasi tambah dan kurang pada bentuk aljabar dengan menggunakan model berupa jeruk dan apel. Guru memantau jalannya diskusi dan memberi pengarahan secukupnya.
b. Beberapa siswa diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi siswa yang lain. Guru mengarahkan siswa pada jawaban yang benar.
c. Untuk pemahaman siswa, guru meminta siswa berdiskusi mengerjakan soal dari buku Matematika
d. Beberapa siswa diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi siswa yang lain. Guru mengarahkan siswa pada jawaban yang benar.
10’ : Penutup
a. Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman
b. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
c. Guru mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN 2
10’ : Pendahuluan:
a. Guru bersama siswa membahas soal-soal pekerjaan rumah yang dianggap sulit
b. Guru menyampaikan indikator pencapaian hasil belajar
c. Guru mengingatkan siswa pada materi prasyarat; misal: istilah: suku satu (monomial), suku dua (binomial), suku banyak (polinomial) dan sifat distributif pada himpunan bilangan cacah dan himpunan bilangan bulat.
60’ : Kegiatan inti:
a. Siswa mendiskusikan operasi kali dengan menggunakan model persegi panjang dengan ukuran dalam bentuk aljabar. Guru memantau jalannya diskusi dan memberi pengarahan seperlunya.
b. Beberapa siswa diminta mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi siswa yang lain. Guru mengarahkan siswa pada jawaban yang benar
c. Untuk pemahaman siswa, guru meminta siswa mengerjakan soal dari buku paket Matematika
d. Beberapa siswa mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi siswa yang lain. Guru mengarahkan siswa pada jawaban yang benar.
10’ : Penutup
a. Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman
b. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
c. Guru mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN 3
10’ : Pendahuluan:
a. Siswa bersama guru membahas PR yang dianggap sulit
b. Guru menyampaikan indikator pencapaian hasil belajar
c. Guru mengingatkan siswa pada materi prasyarat, misalnya: perkalian suku satu dengan suku banyak dan perkalian suku dua dengan suku banyak.
60’ : Kegiatan inti:
a. Siswa mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal operasi pembagian dari buku LKS / Matematika . Guru memantau jalannya diskusi dan memberikan pengarahan dan bantuan secukupnya pada kelompok yang mengalami kesulitan
b. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok lain. Guru membimbing siswa menuju jawaban yang benar
c. Untuk mengecek pemahaman, siswa diminta mengerjakan soal dari buku PAKET
10’ : Penutup
a. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
b. Guru mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
PERTEMUAN 4
10’ : Pendahuluan:
a. Siswa bersama guru membahas PR yang dianggap sulit
b. Guru menyampaikan indikator pencapaian hasil belajar
c. Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya: perkalian suku satu dan suku dua.
60’ : Kegiatan inti:
a. Secara berkelomnpok siswa mendiskusikan operasi perpangkatan dengan menggunakan model persegi dengan ukuran sisinya dalam bentuk aljabar. Guru memantau jalannya diskusi dan memberikan bantuan secukupnya pada kelompok yang mengalami kesulitan
b. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
c. Untuk pemahaman siswa, guru meminta siswa berdiskusi mengerjakan soal-soal dari buku Matematika .
10’ : Penutup
a. Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman
b. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
H. Sumber Belajar
¨ Buku Sumber : Buku Matematika , LKS
¨ Bahan dan Alat : --
I. Penilaian
¨ Teknik : Tes Tulis
¨ Bentuk Instrumen : Tes Uraian
¨ Instrumen : --
Tidak ada komentar:
Posting Komentar