RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
Satuan Pendidikan : SMA ISLAM SOERJO ALAM
Satuan Pendidikan : SMA ISLAM SOERJO ALAM
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : XII-IPA/ I
Standar Kompetensi
Menggunakan konsep matriks, vector dan dan transformasi Geometri
Kompetensi Dasar :
1. Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vector dalam pemecahan masalah.
2. Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian scalar dua vector dalam pemecahan masalah
Indikator :
1. Menjelaskan vector sebagai besaran yang mempunyai besar dan arah.
2. Mengenal vector satuan.
3. Menentukan operasi aljabar vector : jumlah, selisih, hasil kali vector dengan scalar dan lawan suatu vector.
4. Menggunakan rumus perbandingan vector.
5. Menentukan hasil kali scalar dua vector di bidang dan ruang.
Alokasi waktu : 8 x 45 menit.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan vector sebagai besaran yang mempunyai besar dan arah.
2. Mengenal vector satuan.
3. Menentukan operasi aljabar vector : jumlah, selisih, hasil kali vector dengan scalar dan lawan
suatu vector.
4. Menggunakan rumus perbandingan vector.
5. Menentukan hasil kali scalar dua vector di bidang dan ruang.
B. MATERI PEMBELAJARAN
1. Menentukan vector sebagai besaran yang mempunyai besar dan arah.
2. Mengenal dan menentukan vector satuan
3. Menyelesaikan vector dengan menggunakan operasi aljabar vector : jumlah, selisih, hasil kali
vector dengan scalar dan lawan suatu vector.
4. Menentukan koordinat vector dengan menggunakan rumus perbandingan.
C. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Alat
2. Sumber belajar : Buku paket matematika SMA kelas XII IPA penerbit Erlangga karangan BK Noomandiri dan buku LKS Mediatama
D. STRATEGI PEMBELAJARAN
1. Strategi : cooperative Learning
2. Pendekatan : Konsep
3. Metode : Kombinasi ceramah, Tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas beserta
Inkuiri
E. SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal
a. Apersepsi : Siswa diingatkan kembali tentang menjumlahkan, mengurangkan serta mengalikan
matriks dengan matriks.
b. Motivasi : Pentingnya pelajaran ini untuk dapat menggunakan konsep penjumlahan, pengurangan
dan perkalian matriks dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan
penyelesaian operasi aljabar vector dan penyelesaian perbandingan
untuk menentukan koordinat vector.
2. Kegiatan inti :
a. Dengan menggunakan metode Kombinasi ceramah, Tanya jawab, diskusi dan pemberian
tugas beserta Inkuiri guru menjelaskan materi penyelesaian operasi aljabar vector , menentukan
panjang/lebar vector, menentukan vector satuan dan menentukan koordinat vector dalam ruangan
dengan menggunakan rumus perbandingan.
b. Siswa berlatih soal-soal uji kompetensi.
3. Kegiatan akhir
a. Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan tugas/ PR
F. PENILAIAN
1. Teknik/jenis : Kuis dan tugas individu
2. Bentuk : Pertanyaan lisan dan tes tertulis (pilihan ganda atau uraian)
3. Soal/ instrument :
3 -2
7 1
b. Tentukan panjang vector a dan vector b pada soal a di atas. Serta tentukan vector satuannya.
c. Tentukan nilai vector a + b, a – b, a . b dan 2a – 3b
d. Diketahui titik A(2,1,-1) dan B (7,3,8) Tentukan koordinat titik P, jika titik P membagi AB diluar
dengan perbandingan 3 :1
e. soal sama dengan d, P membagi AB di dalam dengan perbandingan 3 :2
H. KONSEP PENSEKORAN
Skor maksimum:
Pemahaman : 30
Penalaran : 30
Pemecahan Masalah : 40
Total :100
Mengetahui, Gondanglegi, 6 Oktober 2009
Kepala SMA ISLAM SA Guru Mata Pelajaran Matematika
Dra. H MATATIB HAMDANI MURIADI, S.Pd
Nip.19710422199703 2 002 NIP. 197111061997021004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar